Jumat, 20 April 2018

Hijab Tak Menghalangiku Berolahraga

Olahraga ?? Why Not !!

Minggu pagi merupakan saat yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan berolahraga setelah seminggu penuh beraktivitas di tempat kerja, sekolah, maupun bangku kuliah. Olahraga memberikan banyak manfaat untuk menjaga ketahanan tubuh kita. Bagi para orang tua yang sudah mulai mengalami penurunan stamina tentunya paham betul akan pentingnya berolahraga. Karenanya untuk anak muda dianjurkan berolahraga agar tetap fit hingga hari tua nanti. Namun masalah yang muncul dewasa ini adalah jarangnya anak muda yang sadar betul akan pentingnya olahraga. Apalagi para mahasiswa yang notabennya tinggal jauh dari rumah orang tua. Kebanyakan mahasiswa suka menyepelekan kegiatan olahraga dengan berbagai macam alasan. Misalnya saja kaum hawa yang terkadang menjadikan hijab sebagai kambing hitam untuk menghindari olahraga. Namun kenyataanya hijab bukanlah penghalang bagi wanita untuk dapat melakukan olahraga. Hijab bukanlah tabir yang membatasi gerak kaum hawa dalam melakukan kegiatan yang bersifat positif. Contohnya saja dengan berhijab tak menghalangi gerak kita sebagai wanita dalam mengikuti gerakan senam pagi, hijab juga tak mengganggu semangat kaki kita dalam mengayuh sepeda menyusuri jalan setapak seraya menikmati manfaat sinar mentari pagi hari, hijab juga tak membuat surut lompatan kita dalam menangkap operan kock badminton, dan hijab tak menghalangi langkah kita dalam berlari maupun melakukan kegiatan olahraga lainnya. Hijab bukanlah alasan yang dapat menghentikan misi kita dalam menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara rutin.
Aku sendiri merupakan seorang pelajar yang tinggal jauh dari orang tua. Pesan dari orang tua tentulah ingin aku selalu dalam keadaan sehat walafiat. Salah satu kegiatan yang rutin aku lakukan tiap minggu pagi adalah lari pagi mengitari area kampusku yang cukup luas. Tak hanya aku yang berlari diminggu pagi, banyak penghuni kampus lainnya yang juga turut meramaikan kegiatan tersebut. Tentu saja hal tersebut membuatku merasa tak sendirian, jadi nggak kelihatan banget jomblonya (hehehe). Lari pagi membuat kaloriku banyak terbakar dan keluar menjadi aliran keringat. Tentu saja aku berlari mengelilingi sederetan gedung kampusku menggunakan hijab, karena bagiku hijab itu wajib ya.. Karena hijabku cukup lebar, saat aku berlari menyusuri beberapa setapak kecil yang ada di taman salah satu fakultas, bagian belakang hijabku tersangkut salah satu ranting tumbuhan hias yang ada di taman tersebut. Sungguh banyak yang menertawakanku saat itu. Kalau dibilang malu, aku sangat malu waktu itu. Namun jika aku berhenti berlari dan kembali pulang, orang akan semakin mempermalukanku. Aku putuskan untuk merapikan hijabku kembali dan lanjut berlari. “Cuek” merupakan pilihan yang ada dibenakku saat itu. Walaupun sempat terdengar suara netizen disekelilingku yang berbisik “mbaknya lari pagi kok pakek jilbab gedhe banget” yang artinya “kakak tersebut lari pagi kok memakai jilbab yang ukuran besar”, namun suara tersebut aku anggap sebagai angin belaka. Aku percaya bahwa hijab bukanlah penghalang untukku terus berlari.
Hal tersebut menunjukkan bahwa asumsi tentang hijab yang dianggap sebagai retorika yang membatasi aktifitas bernilai positif bagi kaum wanita seperti berolahraga tentunya salah besar. Hijab pada dasarnya merupakan persoalan prinsip masing-masing individu. Memilih untuk berhijab bukan berarti telah menutup diri dari semua kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik tubuh kita. Hijab merupakan point positif yang menjadi nilai plus dan dapat meningkatkan kepercayaan diri kaum hawa. Karenanya para wanita berhijab diluar sana harus percaya bahwa semangat berhijab juga bisa menjadi semangat dalam rutinitas berolahraga demi mendapat manfaat terbaik untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, siapa bilang hijab dapat menghalangi langkah untuk berolahraga..? No Way !! Karenanya sekarang kita mendapat kesempatan untuk membuktikan bahwa hijab tak menghalangi kita dalam berolahraga dengan mengikuti event Hijaberlari berikut ini ..
Link Pendaftaran Hijaberlari : bit.ly/hijaberlari
Info event Hijaberlari dapat dibaca di: bit.ly/salihaid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar